“Yakali (Yogurt Kacang Kedelai Kuning)” Inovasi Turunkan Kolesterol Jahat


Penyakit tidak menular seperti penyakit jantung, stroke, dan hipertensi merupakan penyakit dengan angka kematian yang tinggi di Indonesia. Timbulnya penyakit tidak menular ini disebabkan oleh banyak faktor salah satunya adalah kelainan metabolisme lemak atau dislipidemia. Mengapa bisa terjadi dislipidemia? Satu diantaranya disebabkan oleh gaya hidup yang buruk. Diantara beberapa penyebab dislipidemia, yang bisa dimodifikasi adalah gaya hidup. Alasan ini kemudian menjadi latar belakang kelima mahasiswa fakultas kedokteran (FK) Undip untuk mengembangkan sebuah penelitian yang bertujuan mengubah gaya hidup dari segi inovasi makanan untuk memperbaiki faktor risiko dislipidemia untuk mencegah penyakit tidak menular.

Kelima mahasiswa FK Undip terdiri dari Sitiayu Anisa Gultom, Triyoga Sulistyaningsih, Choiria Mulyawati, Hasan Murdiman, dan Muhammad Murtadho yang tergabung dalam tim PKM-PE saat ini tengah melakukan sebuah penelitian yang memanfaatkan kedelai kuning untuk diolah menjadi yogurt. Yogurt dari  kacang kedelai kuning merupakan sebuah produk yang dapat memperbaiki faktor penyebab penyakit tidak menular seperti menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Dalam penelitian ini responden penelitiannya adalah perokok usia remaja akhir (mahasiswa). Mengapa respondennya perokok? Hal ini dikarenakan perilaku merokok merupakan faktor risiko yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Berdasarkan penuturan salah satu anggota penelitian, pada penelitian ini responden diberi yogurt kacang kedelai kuning (Yakali) selama 30 hari, kemudian dibandingkan kadar LDL darah sebelum dan setelah perlakuan.

Dari penelitian ini, mereka memperoleh hasil bahwa yogurt kacang kedelai kuning (Yakali) dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Mereka berharap kedepannya yogurt kacang kedelai kuning (Yakali) dapat menjadi alternatif inovasi makanan yang bisa dikonsumsi oleh masyarakat luas sehingga faktor penyebab penyakit tidak menular seperti penyakit jantung, stroke, hipertensi, dll dapat mengalami penurunan. 

Advertisements

One thought on ““Yakali (Yogurt Kacang Kedelai Kuning)” Inovasi Turunkan Kolesterol Jahat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s