Twilight State

Twilight state atau keadaan senja adalah istilah yang digunakan di bidang kedokteran yang menjelaskan mengenai keadaan kesadaran antara tidur dan terjaga. Jika dilakukan pemeriksaan EEG di otak, mungkin akan tampak gelombang alfa.

Akhir-akhir ini aku kebanyakan tidur (seperti setiap hari seumur hidupku, kecuali sekitar dua tahun masa koas di rumah sakit), saking banyaknya sampai rasanya realita masuk ke mimpiku dan mimpiku masuk ke realita saat aku terbangun.

Dalam tidur-tidur panjang itu aku memimpikan banyak hal. Aku juga memimpikan banyak sekali orang. Kadang mimpinya bisa kuingat utuh sempurna, kadang aku lupa bahwa dalam tidurku aku bermimpi sesuatu. Kadang pula aku hanya ingat penggalan mimpiku. Aku pernah hanya ingat orang dalam mimpiku tanpa bisa mengingat apa yang dia lakukan.

Aku memimpikan supervisor thesisku, juga sepupu-sepupuku. Aku juga pernah memimpikan seorang ibu dengan bayi baru lahir-nya, kemudian dia punya bayi lagi. Ada juga mimpi tentang seorang teman di sekolah dulu. Mantan sahabatku (aduh, jelek sekali istilahnya) juga kutemui di angkot dalam mimpiku, dan dia memberiku suatu berita penting, yang sekarang aku lupa isinya. Tapi aku belum pernah mimpi menjadi kurus.

Mimpi, tak lebih dari sekedar memori akan kenyataan yang tersimpan di lobus frontal. Mimpi bisa juga merupakan harapan yang ter-represi oleh alam sadar sehingga bermunculan saat tidur. Mimpi-mimpiku yang aneh dan agak berlebihan ini muncul mungkin di twilight state ku. Entahlah.

Leave a Reply

