Tentang Kematian

Orang cerdas adalah Mereka yang sering mengingat mati dan (tekun) mempersiapkan diri menghadapi kematian.

Kalimat di atas adalah ucapan Rasul yang dimuliakan Tuhan. Iya benar, cerdas itu bukan milik si jenius ber-IQ seratus lima puluh sekian, atau si pengusaha beromset milyaran, atau filsuf yang karyanya bertahan berabad-abad. Cerdas itu milik yang ingat mati, demikian kata orang terbaik yang pernah ada di muka bumi ini. Hal ini penting karena waktu kita sempit. Kehidupan di dunia sungguh singkat dibandingkan keabadian yang akan dijalani semua makhluk Tuhan di kehidupan setelah kematian nanti.

Mati adalah pasti, yang lainnya masih misteri. Yang lainnya itu seperti siapakah jodoh kita, seberapa banyak rejeki kita. Misteri lainnya adalah waktu datangnya kematian. Ketidaktahuan inilah yang harus ditindaklanjuti dengan persiapan. Kapan kita mati? Nanti malam? Lusa? Tujuh puluh tahun lagi? Tidak tahu… Apakah kita akan sempat bertobat setelah kita tahu kapan waktu kematian kita? Mungkin tidak..

Singkat cerita, saya sedang menoyor jidat sendiri, bahwa mempersiapkan hal yang pasti, alias bersiap mati menghadap-Nya itu lebih bijak daripada galau atas misteri-misteri yang belum pasti seperti jodoh dan rejeki. Bersiap mati antara lain bertobat pada Tuhan, beribadah sebaik mungkin, melunasi utang-utang dan janji-janji, membuat ortu ridho atasku, memohon maaf dan memaafkan sesegera mungkin, meninggalkan warisan yang baik, dan hal baik lainnya. Begitulah.

Live like you’re dying gitu, mungkin?..

Advertisements

One thought on “Tentang Kematian

  1. Mba, fyi, blogwalking to ur page is a kind of reliever for me…
    Keep writing, so I can keep on Reading, n being relieved…
    *pakek bahasa enggres, soale kl pakek bahasa endonesah jd terkesan lebay n terlalu serius or kaku gt* *Foot note nya kepanjangan* *yoben*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s