Coretan Malam

Ini minggu keduaku di Melbourne. Dingin masih terasa. Tapi mulai terbiasa, ketika sudah mengganti pakaian dari katun ke wool. Ya, dari kapas ke bulu domba. Alias dari nabati ke hewani.

Demikian pula isi kulkas, sudah tidak ada nasi (eh sejak kapan nyimpen beras di kulkas). Sejak ibu kos diet dan pantang nasi, aku pun mengikuti. Sayur, buah, produk susu (alias yogurt dan keju), dan mungkin ikan (kalengan).

Kaki ini belum mau kompromi. Aku sungguh mencintai tram, alat transportasi legendaris khas Australia (atau Melbourne?). Jika dikonversi ke rupiah, ongkosnya mahal sekali. Sekitar 70 ribu sehari, sepuasnya. Sebulan sudah dua juta habis hanya untuk transportasi. Tapi memang pusing kalau apa-apa otomatis dikonversi ke rupiah. Ini minggu kedua dan aku masih melakukannya. Sudah diteriaki banyak pendahulu yang ke luar negeri; jangan konversikan harga; bisa depresi nanti.

Minggu kedua, dan aku baru mulai melihat apa yang akan kulakukan. Dan tiba-tiba aku ingin berdiri di pojokan dan menangisi hidupku. Atau diriku, sebagai orang yang tidak bisa apa-apa, dan terlebih, tidak punya cita-cita jelas dalam hal karir dan profesi.

Tapi kemudian aku menghibur diri, ini kan baru hari pertama ikut kegiatan… Mengapa tidak mencoba melihat dan bertanya lebih banyak, dan putuskan saja setelah melihat dan melakukan dan belajar banyak hal.

Jadi itulah kalimat favoritku di hari kedua masuk, yang berarti hari pertama ikut kegiatan (karena hari pertama kemarin adalah perkenalan dan orientasi tempat), bahwa semua butuh adaptasi. Bahkan adaptasi impian. Adaptasi harapan atas apa yang akan dipelajari di sini.

Semoga istiqomah. aamiin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s