Pada Suatu Sore

(Tulisan ini sudah aku tulis sejak akhir tahun 2008, dan baru kupublikasikan sekarang.)

Menerjemahkan terkadang menyebalkan. Hari Ahad yang mendung ini aku selesai menerjemahkan sebuah artikel tentang hepatitis autoimun yang bisa memicu sirosis hati. Dan ternyata tugasku hanyalah mengetik, bukan menerjemahkan. Dan anehnya aku senang, karena memang aku hobi mengetik. *hobi yang aneh*

Sayangnya aku menemukan banyak kesalahan teknis dalam penulisan artikel itu. Bukan, bukan kesalahan penulisan artikel secara ilmiah, melainkan kesalahan gramatikal. Contoh: tidak ada koma sebelum kata dan untuk tiga kata benda yang disebutkan. “…antara lain virus, bakteri, bahan kimia, obat dan faktor genetik”. Menurut hematku, setelah kata obat harus ada tanda koma.

Berikutnya, sang penulis (atau penyalin?) tidak menerjemahkan saduran (atau salinan?)nya dengan benar, “Epstein-Barr virus”. Itu kan frase bahasa Inggris. Seharusnya: virus Epstein-Barr.

(.. dan pada titik inilah aku bingung, dulu apa sih yang ingin kutulis, sampai menunda mempublikasikannya? Jadi kupublikasikan saja, dengan keadaan half done seperti ini. hehe)

4 thoughts on “Pada Suatu Sore

  1. ditulis ulang aja artikelnya.. nanti dibwahnya dikasih tanda, revised by: Ayu hehe.
    terus,,, err, ini mungkin bisa jadi pembelajaran bagi mshw kedokteran umumnya, jika nanti ada yg ingin menulis artikel, begitu. 😉

  2. akhirnya aku menemukan teman yang juga merasa ‘terusik’ karena kesalahan gramatikal kaya gitu….kirain cuma aku yang aneh…hehehehe..

  3. wew… sama kayak aq yang suka mengoreksi kata2 dan cara penulisannya.. Padahal aq sendiri juga nggak hafal2 banget.. (bagian otak reptil bekerja)

Leave a Reply

