Kemunduran Kronis

Hari ini harus lebih baik dari kemarin, atau kamu akan merugi.

Kalimat itu sungguh sakti. Aku sungguh sebaliknya. Semakin hari semakin buruk. Boleh dibandingkan antara hari ini dan kemarin, atau minggu lalu, atau bulan lalu, atau tahun lalu, atau bertahun-tahun lalu. Rasanya semua memburuk.

Secara fisik aku menggemuk, ototku melunak. Secara mental aku semakin manja, tidak bertanggungjawab, dan malas. Secara keimanan, hm aku tidak berani merasa pernah tinggi atau baik. Secara sosial, temanku belum bertambah secara signifikan. Secara kedewasaan, aku masih saja tergantung pada orang lain untuk membangunkanku. Secara akademis aku semakin malas membaca teksbuk.

Jadi apa yang lebih baik pada diriku saat ini, dibanding masa SMP ku, atau saat aku di asrama ketika SMA, atau bahkan semester awal di kedokteran? Aku banyak melupakan nilai-nilai lama, aku melupakan idealisme. Aku melupakan impian-impian kerenku.. Aku lupa! Aku pelupa!

Leave a Reply

