Co-ass’ Corner: Opini saya [Part 3-finale]

Tidak etis rasanya jika penulis menuliskan opini pribadi pada dua artikel sebelumnya, karena penulis sedang berperan sebagai seorang jurnalis yang melaporkan suatu berita atau kejadian, tanpa memasukkan opini di antara fakta-fakta yang telah dipaparkan.

Nah, pada artikel terakhir ini, penulis akan membuat evaluasi mengenai acara Co-ass corner tersebut, siapa tahu bisa menjadi feedback yang baik. Tentu, sudah ada kesempatan untuk menyampaikan ini di akhir acara kemarin, sayangnya kertas yang disediakan terlalu kecil untuk menampung semua ide penulis.

Hal pertama adalah bagaimana mewujudkan imaji penulis mengenai sebuah pertemuan yang bermutu yang membahas tentang persiapan masa depan. Karena secara pribadi penulis berencana menjadi dokter PTT selepas lulus nanti, maka usul penulis ada dua, yaitu tentang perlunya tema khusus untuk wanita, dan yang kedua adalah tema khusus untuk PTT. Lebih lengkapnya:

  1. Ketika audiens ditanya mengenai rencana lima tahun ke depan, penulis sangat ingin mengacungkan tangan dan menjawab, “tahun pertama menikah dan membuat STR, dan PTT di daerah dengan kategori sangat terpencil selama 6 bulan, tahun kedua mendaftar S2 ke luar negeri, kemudian kuliah selama 2 tahun, tahun keempat masuk pendidikan spesialis dan menjadi dosen” namun apa daya, kata “menikah” sungguh berat diucapkan, mengingat itu bukanlah rencana yang setara dengan “sekolah” yang bisa diwujudkan dengan belajar dan mendaftar (tentu dengan izin Yang Di Atas). Maka penting sepertinya untuk kami para perempuan memahami peran diri sendiri, apakah menikah nomer satu sehingga harus menunggu-entah sampai kapan-dilamar seseorang dan baru bisa meneruskan hidup, atau bagaimana? Atau bagaimana jika kadang keinginan pribadi tidak sesuai dengan keinginan suami kelak, sementara kita pribadi juga tidak yakin mengenai keinginan kita. Bagaimana menentukan pilihan yang bijak atau bagaimana membuat prioritas?
  2. Sudah banyak kisah sukses yang penulis dengar mengenai senior yang menjadi dokter PTT di daerah, sehingga akan sangat bermanfaat kalau bisa mengumpulkan para senior ini untuk menjadi pembicara dalam acara talkshow. Mendatangkan para pelakunya akan lebih mengundang semangat dan motivasi, sekaligus membangun jaringan dan menekankan pentingnya mengasah teknik lobbying dan networking. Bahkan penulis memiliki beberapa nama untuk para calon pembicaranya: dr. Suryo, dr. Agus (lagi!), dr. Tina, dr. Biuti, dr. Saldi, dll.

Oya, ada satu pertanyaan (sebenarnya lebih, tapi penulis lupa) yang muncul di benak penulis tepat saat dr. Agus mengakhiri sesinya adalah sebagai berikut:

Bagaimana membangun koneksi dan jaringan sehingga bisa mendapat begitu banyak kemudahan dan keberuntungan terutama mengenai info-info lowongan di beberapa tempat?

Demikian lah laporan singkat dan sangat subjektif dari seorang pewarta yang kebetulan juga berada di tempat kejadian untuk menikmati acara. ^^

Advertisements

2 thoughts on “Co-ass’ Corner: Opini saya [Part 3-finale]

  1. hehehe
    pastilah dikau menikmati acara tersebut Dai…

    iya jg, aq jg berpikir ttg apa yg hrs qt lakukan (sbg sorang perempuan) stlh sumpah dokter?
    memang sih,,,mimpi idealnya married dl trus PTT,ngumpulin duit n pengalaman tentunya,trus ambil spesialisasi.
    lha klo andai tnyt lom ktemu jodoh? brarti PTT dl dunk?
    but what if, married dl trus sang suami nggak bolehin PTT? ataupun ambil spesialisasi lg dgn alasan qt sebaiknya ngurus rmh n anak2 gt?
    apakah idealisme qt hrs menghilang tertiup angin bgitu saja?
    Ooooh…so many questions in my mind…..
    anyway…,thnx a lot 4 fulfilling my request (to write down the sharing)….
    keep writing ya….!!!

  2. Wah, bagus banget ada acara kayak gini. Bener2 bisa membuka wawasan kita tentang dokter PTT yang selama ini hanya jadi bahan pembicaraan/diskusi antar individu.

    Anyway…link ke blog-ku tolong diganti jadi ke alamat: http://daydreamer13.wordpress.com yach..

    Blog baru yang (semoga) bisa lebih menginspirasi hehe..

    Thx for the comment and the link.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s