Craving for Idols

Kalau ditanya siapa idolaku, aku akan selalu kesulitan menjawab. Hm… Kemudian muncullah jawaban itu, yang mungkin wajib menjadi jawaban semua muslim: Rasulullah SAW. Tapi sebenarnya jawaban yang kubayangkan harus muncul adalah semacam tokoh dunia atau nasional yang lebih ‘manusia’, semacam Soekarno atau Ibnu Sina atau siapa. Tentu sebagai orang yang malas membaca sepertiku, tidak akan muncul orang-orang keren di benakku karena aku tidak tahu banyak biografi orang.

Berakhirlah aku sebagai orang yang mengidolakan ‘orang sekitar’. Ya teman sepermainan, ya teman sekolah atau kuliah, tetangga, atau tukang mie depan rumah. Hehe, bukan ding. Tapi ya itu, benar-benar orang yang berinteraksi denganku. Bisa jadi karena aku mudah terpesona, aku jadi mengidolakan mereka. Ditambah dengan urgensi memiliki idola. Hehe, padahal tidak ada yang memaksaku untuk punya ”daftar orang yang diidolakan”.

Pernah aku mengidolakan seorang teman, dan dikecewakan. Ternyata dia tidak sekeren itu. Dan aku pun berganti idola. Demikian seterusnya, aku berpindah-pindah orang.

Tiba-tiba saja, menyambung posting-an ku tepat sebelum ini, bahwa aku yang sedang ‘tertidur’ pulas layaknya singa masai ini (=tidak produktif, malas, dormant) merasa terusik dengan lingkungan di sekitar semak belukar (misalnya singa masai, kan). Tiba-tiba saja bertaburan orang-orang keren di sekitarku. Orang-orang inspiratif, produktif, efektif, berkualitas, bersemangat, dan berjiwa. Sifat yang akhir-akhir ini kucari, yang entah hilang ke mana.

Aku benar-benar sedang merasa harus mengidolakan mereka. Boleh kusebut nama? Mbak Ajeng, Dagdo, Saskia, Indri, Siska, Nira, Uci, Mbak Puji.. Untuk alasan yang berbeda-beda. Sangat berbeda, malah. Aku harus memaksa diriku merasa rendah di hadapan mereka, supaya aku bersemangat lagi, berjiwa lagi, produktif lagi, dan akhirnya berprestasi. Seperti mereka.

Kapan ya?

Leave a Reply

